5 Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

media.kosongin.com – Nah, sobat apakah kalian sudah tahu 5 Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan, jika belum yuk langsung saja baca artikelnya.

Banyak orang yang bertanya , sebenarnya apa kandungan bawang putih sehingga baik dikonsumsi tubuh? Nah, berikut ini penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat makan bawang putih mentah bagi kesehatan tubuh.

Bawang putih memang memiliki aroma yang sangat menyengat, tetapi ada banyak sekali manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh.

Bukan hanya sebagai pewangi dalam masakan saja, bawang putih juga telah lama digunakan untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit.

Bawang putih juga dapat ditemukan di seluruh dunia. Bawang putih memiliki bau yang menyengat berasal dari kandungan sulfur organik, yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

Bawang putih adalah salah satu jenis rempah yang sering digunakan di Indonesia atau Negara lainnya, sebagai bahan untuk menambah cita rasa suatu masakan.

Manfaat makan bawang putih mentah secara dermatologis terbukti menangkal beberapa gangguan penyakit mulai dari flu, batuk sampai radang.

Bawang putih juga sering digunakan untuk mengatasi kondisi medis yang berhubungan dengan jantung dan sistem peredaran darah, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan pengerasan pembuluh darah.

Secara khusus mengkonsumsi bawang putih sebagai obat atau pencegahan gangguan penyakit tertentu. Mengkonsumsi bawang putih pun memang bisa menjadi alternatif alami.

Bawang putih biasanya digunakan sebagai penyedap berbagai masakan, baik ditumis atau dibakar. Ternyata, tak hanya memiliki rasa yang gurih dan sedap saja.

Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari bawang putih kuntuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

Bawang putih juga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, antikanker, dan antiradang. kandungan nutrisi di dalam 100 gram bawang putih mentah.

Kandungan nutrisi 6,3 gram protein, 0,5 gram lemak, 33 gram karbohidrat, 2,1 gram serat, 181 miligram kalsium, 1,7 miligram zat besi, 25 miligram magnesium, 153 miligram fosfor, dan 401 miligram kalium.

Tak usah berlama-lama dibawah ini merupakan 5 manfaat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh yang harus kalian tahu.

1. Menurunkan Kolesterol

Penelitian lain juga membuktikan hal tersebut, yakni Pakistan Journal of Pharmaceutical Medicine yang menemukan manfaat makan bawang putih mentah.

Dapat meningkatkan jumlah kolesterol HDL atau kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol total dalam darah.
Mengkonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur.

Ternyata dapat membantu mencegah kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Berdasarkan jurnal penelitian yang pernah dipublikasikan oleh Journal of Postgraduate Medicine.

Mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sekitar 10 gram atau 1 sampai 2 siung bawang putih setiap hari berturut-turut selama sebulan dapat menurunkan kadar kolesterol.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian yang dilakukan tersebut menyebutkan bahwa diallyl trisulfide komponen yang terdapat dalam minyak bawang putih tentu dapat menyehatkan jantung.

Manfaat bawang putih juga dapat melindungi penderita diabetes dari kardiomiopati penyakit kronis pada otot jantung. dari riset yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Menangkal Pilek, Batuk, Dan Radang

Berdasarkan penelitian dari Advances in Therapy yang menyatakan bahwa mengkonsumsi suplemen bawang putih memiliki resiko terkena pilek lebih rendah dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi obat-obatan.

Clinical Nutrition yang juga pernah menunjukan penelitiannya yang membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak bawang putih dapat mengurangi potensi terkena flu gangguan penyakit yang paling mudah dialami manusia.

Mengkonsumsi bawang putih di pagi hari ternyata dapat menjadi obat alami untuk memperkuat kekebalan tubuh. Kandungan allicin dalam bawang putih efektif membunuh bakteri penyebab penyakit.

Seperti pilek, radang tenggorokan, dan batuk. Kandungan diallyl sulfide-nya juga dapat membantu melawan bakteri dalam tubuh.

4. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Dengan menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh, selain dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, antioksidan juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia.

Salah satu khasiat bawang putih adalah menurunkan berbagai risiko penyakit. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan di dalam bawang putih. Kandungan tersebut dapat juga membantu melawan radikal bebas.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Dengan mengkonsumsi bawang putih mentah dua kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena kanker paru dengan persentase 40 persen.

Bawang putih juga bisa mengurangi risiko kanker prostat dengan kandungan antioksidannya yang mampu menangkal racun dan memperkuat daya tahan di dalam tubuh.

Dan dapat memperbaiki DNA yang rusak akibat kanker prostat. Manfaat makan bawang putih mentah yang sangat fenomenal adalah dapat menurunkan risiko penyakit kanker.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan resiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung dan kanker usus besar.

National Cancer Institute bahkan merekomendasi untuk mengkonsumsi bawang putih mentah dibandingkan suplemen diet bawang putih.

Akhir Kata

Itu lah penjelasan dari admin seputar informasi 5 Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung ke artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *