Cara Daftar Bansos Online 2022 Lewat Hp

media.kosongin.com-Hallo sobat berjumpa lagi bersama admin ynag tentunya selalu memberikan kalian informasi yang bermanfaat, di pembahasan kali ini admin akan mengulas Cara Daftar Bansos Online 2022 Lewat Hp. Bagi anda yang pengen tau maka simak pembahasan admin sampai selesai.

Pemerintah kini telah mempermudah langkah masyarakat untuk mendapatkan bantuan bansos dengan cara daftar bansos online lewat HP. Hal ini berlaku untuk masyarakat yang sudah mendaftar pada data terpadu kesejahtraan Sosial.

Cara Daftar Bansos Online 2021 Mudah Lewat HP untuk Dapatkan Bantuan PKH  dan Kartu Sembako - Pikiran Rakyat Depok

Masyarakat yang telah masuk ke dalam DTKS, bisa ikut daftar melalui Hp untuk masuk dalam perogram PKH atau kartu sembakoh.

Bagi anda yang belum tau cara daftarnya, berikut admin akan menjelaskan cara daftar online dibawah ini khusus buat anda semua.

  1. Siapkan KTP dan KK
  2. Datang ke kantor desa/kelurahan setempat dan lakukan pendaftaran DTKS Kemensos secara langsung
  3. Jika sudah daftar, pihak desa/kelurahan akan memusyawarahkan data pendaftar, untuk memutuskan status kelayakan pendaftar masuk DTKS Kemensos.
  4. Hasilnya akan diumumkan melalui berita acara yang telah ditandatangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa terkait.
  5. Dinas Sosial menggunakan berita acara terkait agar diverifikasi dan divalidasi datanya, dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga.
  6. Bila data sudah diverifikasi dan divalidasi, operator desa/kecamatan akan memasukkan data ke aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS).
  7. Dinas Sosial akan memproses data untuk diverifikasi dan divalidasi, selanjutnya hasilnya akan dilaporkan kepada bupati/wali kota.
  8. Bupati/wali kota akan menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disahkan kepada gubernur, lalu diteruskan kepada menteri.
  9. Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan, dan kantor wali kota/kabupaten akan memproses data calon penerima bansos PKH dan Kartu Sembako yang sudah dilengkapi.
  10. Khusus untuk calon penerima bansos Kartu Sembako, akan dibuatkan rekening bank dan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Artinya, pendaftar bisa mendaftar secara mandiri di DTKS Kemensos sebagai KPM PKH atau Kartu Sembako 2022, tanpa menunggu tindakan dari pemda.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa admin sampaikan buat anda semua mengenai Cara Daftar Bansos Online 2022 Lewat Hp. Buat anda yang engga mau ketinggalan informasi terbaru lainya dari admin maka baca terus artikel admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *