Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

media.kosongin.com – Nah, sobat apakah kalian sudah tahu Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan yuk, langsung saja baca artikelnya.

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan telah dikenal sejak lama. Meski memiliki rasa yang sangat pahit, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan buah ini untuk mengobati berbagai penyakit.

Mulai dari sakit kepala, flu, hingga diabetes. Meski memiliki rasa yang agak pahit, manfaat buah mengkudu sebagai obat herbal jangan diragukan lagi.

Buah mengkudu juga mampu mengobati berbagai penyakit dan cukup terkenal sebagai obat herbal beserta suplemen. Tidak semua orang menyukai buah mengkudu karena buahnya yang memiliki tekstur lembek dan berbau sangat tajam.

Baca Juga :

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu

Selain sebagai sumber karbohidrat dan serat, buah mengkudu (Morinda Citrilolia) juga merupakan buah yang cukup kaya akan vitamin A dan C, zat besi dan niasin.

Buah mengkudu biasanya digunakan masyarakat sebagai bahan makanan seperti sayur, rujak maupun sebagai jus bagi sebagian masyarakat.

Buah mengkudu yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi. kandungan nutrisi buah mengkudu dalam 100 gram.

89,10% air, 2,90% protein, 0,60% lemak, 395,83 IU vitamin A, 175 miligram vitamin C, 175 miligram niasin, 2,20% karbohidrat, 3% serat, 1,20% abu, 167 kalori.

2,50 miligram tiamin, 0,33 miligram riboflavin, 9,17 miligram zat besi, 325 miligram kalsium, 37 miligram fosfor, 1,12 miligram kalium.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Buah mengkudu mengandung zat antioksidan, merangsang sistem kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Selain itu juga dijelaskan kandungan zat dalam mengkudu yang berguna bagi tubuh.

Buah mengkudu memang memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pahit. Meski demikian, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah banyak yaitu :

Mengurangi nyeri sendi

Buah mengkudu juga telah digunakan secara tradisional untuk membantu meringankan nyeri dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

Ekstrak buah ini juga diketahui berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, contohnya untuk penderita osteoarthritis.

Menurunkan kadar gula darah

Jika kadar gula darah tinggi dan juga tidak terkontrol, dan kelamaan bisa menyebabkan terjadinya diabetes tipe 2. Agar tercegah dari penyakit tersebut.

Kalian juga tentunya perlu menjalani gaya hidup yang sehat dengan membatasi konsumsi gula, berolahraga secara rutin, serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Efek ini diduga berkat kemampuannya dalam meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Menjaga kadar kolesterol dalam darah

Ekstrak buah mengkudu atau jus buah mengkudu juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

Yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung. Berkat kandungan zat antioksidan dan antiradang yang cukup tinggi pada buah mengkudu.

Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh

Sel dan jaringan tubuh bisa cepat rusak ketika tubuh sering terpapar radikal bebas yang berasal dari berbagai sumber, seperti asap rokok, polusi, racun, dan paparan radiasi atau sinar matahari berlebihan.

Dan terlalu banyak terpapar radikal bebas pun, sel-sel tubuh akan cepat rusak dan bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Bahaya Buah Mengkudu

Sebelum mengkonsumsi buah mengkudu kalian juga harus menegetahui baik atau tidaknya di konsumsi untuk kalian, karena buah mengkudu tidak boleh di konsumsi oleh beberapa orang yang sedang hamil atau memiliki penyakit.

Penyakit ginjal

Buah mengkudu juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan konsumsi buah mengkudu berlebih atau dalam dosis tinggi bisa membuat ginjal lebih cepat rusak.

Gangguan pada organ hati

Berbagai jenis obat-obatan dan suplemen herba, termasuk suplemen buah mengkudu, bisa menimbulkan kerusakan organ hati atau penyakit hati.

Efek ini lebih berisiko terjadi pada orang yang mengonsumsi buah mengkudu dalam jangka panjang atau secara berlebihan.

Buah mengkudu juga dapat menimbulkan efek interaksi obat, apabila buah ini dikonsumsi secara bersamaan dengan obat-obatan tertentu.

Kadar kalium yang tinggi di dalam darah

Buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita hiperkalemia, yaitu tingginya kadar kalium di dalam darah. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai gejala, seperti kelelahan, mual, sulit bernapas, dan dada yang berdebar.

Ibu Yang Sedang hamil atau menyusui

Buah mengkudu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena berisiko menimbulkan gangguan pada tumbuh kembang si janin.

Buah ini juga sebaiknya tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebih oleh ibu menyusui karena efeknya pada bayi yang diberi ASI.

Jika kalian mengonsumsi sari buah mengkudu sebaiknya hanya 2 sdm sekali minumm pada waktu sebelum makan pagi maupun makan malam. Jus juga harus diminum dalam keadaan sesegar.

Dan juga hindari minuman beralkohol dan kopi selama kalian menjalani pengoabatan dengan jus buah mengkudu. ini dilarang bagi penderita yang memiliki kelainan fungsi jantung.

Baca Juga :

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan seputar informasi Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan. Terimakasih sudah berkunjung ke artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *