Manfaat Tanaman Sambung Nyawa

Media.kosongin.com – Banyaknya tanaman yang dijadikan sebagai obat tradisional dan salah satunya Sambung Nyawa. Yuk, simak Manfaat Tanaman Sambung Nyawa.

Tanaman yang memiliki nama latin gynura procumbens ini banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Negara China, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Daun sambung nyawa tidak hanya enak dijadikan lalapan saja, daun dewa atau daun sambung nyawa juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan di jadikan obat tradisional bagi sebagian orang.

Daun sambung nyawa, atau juga dikenal dengan sebutan sebagai daun dewa ini, dipercaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan baca artikelnya sampai selesai.

Manfaat Tanaman Daun Sambung Nyawa

Manfaat Tanaman Daun Sambung Nyawa

Biasanya tanaman sambung nyawa ini tumbuh di ladang dan juga seringkali dibudidayakan sebagai tanaman apotek hidup oleh sebagian orang.

Daun ini juga dipercaya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sudah tidak heran lagi jika orang menyebut tanaman daun ini sebagai daun dewa.

Dibawah ini merupakan manfaat dari tanaman daun sambung nyawa, terdapat beberapa khasiat daun sambung nyawa untuk kesehatan.

Mengobati Rematik

Manfaat daun sambung nyawa dipercaya juga dapat mengatasi masalah rematik, cara untuk mengobati rematik dengan daun dewa dengan cara.

Kalian dapat meminum rebusan daun tersebut secara rutin. Dan air rebusan daun dewa ini dapat kalian campur dengan jahe merah.

Mengatasi Batuk dan Flu

Jika kalian malas mengonsumsi obat obatan untuk mengatasi batuk dan flu, kalian dapat menggunakan tanaman daun sambung nyawa.

Daun sambung nyawa ini dapat di jadikan sebagai ramuan jamu daun sambung nyawa dapat diseduh seperti teh dan minum secara teratur sehari tiga kali.

Pencegah Kanker

Tanaman ini juga sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional kanker darah, kanker rahim, dan juga kanker payudara.

Daun sambung nyawa memiliki khasiat untuk dapat mencegah pertumbuhan dan pembelahan sel kanker, dan juga dapat membunuh sel tersebut.

Dengan memiliki khasiiat tersebu penyebaran kanker ke organ lain dapat dicegah. Penelitian ini masih terbatas pada uji coba laboratorium.

Dan masih dibutuhkan penelitian lebih jauh lagi mengenai efektivitas daun sambung nyawa dalam pengobatan kanker pada manusia.

Mencegah penyakit ginjal

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa ekstrak yang terdapat pada daun sambung nyawa dapat menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang dapat menyebabkan gangguan ginjal.

Tetapi penelitian tersebut juga masih sangat terbatas, Masih dibutuhkan lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun sambung nyawa pada kesehatan manisia.

Diabetes

Tanaman daun sambung nyawa memiliki zat flavonoid didalamnya yang memiliki mekanisme kerja dalam menurunkan gula darah dengan meningkatkan produksi insulin pada tubuh.

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan peningkatan gula darah, karena gangguan sekresi insulin dari sel beta pankreas dan gangguan kerja insulin.

Cara Mengkonsumsi Daun Sambung Nyawa

Nah, kalian juga tentunya dapat mengkonsimsi daun sambung nyawa ini dengan beberapa cara seperti dibawah ini.

  • Kalian juga dapat memakannya langsung dalam keadaan mentah dengan cara dijadikan lalapan atau mengolahnya menjadi teman untuk makan.
  • Direbusan, daun sambung nyawa juga dapat kalian minum dengan cara merebus beberapa helai daun tersebut dan kalian dapat meminum air rebusannya.

Meski terdapat banyak khasiat dan manfaat daun sambung nyawa yang sudah diteliti, tetapi belum ada bukti yang cukup untuk memastikan manfaat tanaman ini dalam pengobatan.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan seputar informasi Manfaat Tanaman Sambung Nyawa. Terimakasih sudah berkunjung ke artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *