Mengenal Istilah Dalam Trading Saham Untuk Pemula

Mengenal Istilah Dalam Trading Saham Untuk Pemula

32 View

Halo pengunjung setia binance.kosongin.com, kembali lagi bersama admin yang akan memberikan informasi menarik lainnya. Informasi tersebut akan membahas mengenai Mengenal Istilah Dalam Trading Saham Untuk Pemula yang akan di jabarkan pada artikel di bawah ini.

Sebelum dapat memulai transaksi dalam melakukan trading, ada baiknya jika anda memahami terlebih dahulu istilah – istilah yang sering digunakan saat trading. SUpaya terhindar dari miss communication yang sangat berbahaya saat melakukan transaksi trading.

Lantas apa saja istilah – istilah yang sering digunakan saat melakukan trasaksi trading, ikuti tersus artikel ini kareana akan mengulas beberapa penjelasan mengenai istilah istilah yang digunakan saat bertrading.

Mengenal istilah dalam bertrading tidah begitu sulit, karena banyak kosa kata yang tidak begitu rumit sehingga membutuhkan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk menerjemahkannya. Tujuan dari mengenalnya istilah yang sering digunakan agar terhindar dari penipuan atau kesalahan dalam bertransaksi trading.

Read : Cara Bermain Binomo Untuk Pemula Dengan Mudah

Istilah – Istilah Dalam Trading Saham Untuk Pemula

Berikut ini merupakan beberapa istilah – istilah yang sering kali digunakan dalam bertransaksi saham yang diantaranya adalah :

  • Broker (Perusahaan Sekuritas )

Broker (Perusahaan Sekuritas ) adalah pihak yang disebut sebagai perantara antara investor dan pasar modal dalam bertransaksi jual – beli saham. Untuk dapat membeli ataupun menjual saham, anda pasti membutuhkan bantuan perusahaan sekuritas yang mampu serta memiliki wewenang dalam menjalankan transaksi tersebut.

Selain itu juga, pihak perusahaan sekuritas atau broker ini akan memberikan rekomendasi berbagai saham yang potensial pada investor guna meningkatkan profit investor.

  • Efek

Efek adalah surat berharga yang dapat diperjual – belikan dalam pasar modal, yaitu seperti surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif dari efek lainnya dalam pasar modal.

  • Bursa Efek

Bursa efek adalah sebuah pihak yang mampu menyelenggarakan dan menyediakan sistem serta sarana yang digunakan untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain. Dengan tujuan memperdagangkan efek di antara pihak – pihak tersebut.

  • Emiten

Makna Emiten ini adalah sebuah Pihak atau perusahaan yang berfungsi untuk menawarkan efek pada investor melalui Penawaran Umum (penawaran terbuka untuk publik).

Read : Aplikasi Trading Forex Yang Mudah Di Pakai Pemula

  • IHSG

IHSG adalah kepanjangan dari Indeks Harga Saham Gabungan yang maksudnya adalah sebuah indikator pergerakan seluruh harga saham yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

  • Initial Oublic Offering (IPO)

Initial Oublic Offering (IPO) adalah penawaran pertama kali yang dilakukan oleh perusahaan yang baru terdaftar di bursa efek.

  • Listing dan Delisting

Listing adalah pencatatan nama sebuah perusahaan di papan pencatatan bursa. Sebaliknya, delisting adalah penghapusan nama sebuah perusahaan dalam pencatatan di papan bursa. Saham perusahaan yang sudah delisting akan otomatis tidak dijual lagi di bursa.

  • Saham Blue Chip

Saham blue chip adalah saham lapis satu yang memiliki harga sangat tinggi, dan volatilitas cenderung rendah, serta fundamental perusahaan yang kuat. Dengan kapitalis pasar mencapai diatas Rp10 triliun, saham blue chip ini memiliki peran penting untuk menggerakkan IHSG.

  • Saham Middle Cap

Saham Middle Cap adalah saham lapis kedua dengan kapitalis pasar antara Rp500 miliar sampai dengan Rp10 triliun. Harganya cenderung lebih stabil, dan biasanya merupakan saham dari perusahaan yang baru berkembang.

  • Saham Small Cap (Saham Gorengan)

Saham gorengan adalah saham lapis tiga yang merupakan saham dengan kapitalis pasar dibawah Rp500 miliar. Volatilitasnya tinggi sehingga cenderung menjadi incaran spekulan untuk dipermainkan harganya.

Read : Mengenal Lebih Jauh Tentang Aplikasi Neobank

  • Capital Gain dan Capital Loss

Capital gain adalah istilah-itilah dalam saham yang berarti adalah sebuah keuntungan yang diperoleh karena adanya kenaikan harga jual daripada harga beli suatu efek. Namun jika perbedaan harga justru mengalami penurunan, berarti efek tersebut telah merugi atau biasa yang disebut sebagai capital loss.
(Baca Juga: 4 Modus Penipuan Investasi Saham yang Harus Diwaspadai)

  • Bullish dan Bearish

Bullish adalah kecenderungan harga saham untuk terus bergerak naik dalam suatu periode tertentu. Sementra Bearish merupakan lawan dari bullish yang berarti kecenderungan harga saham untuk terus mengalami penurunan.

  • Buyback

Buyback adalah kegiatan membeli kembali saham – saham yang telah dimiliki publik oleh emiten atau perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Sehingga kepemilikan saham akan kembali ke tangan perusahaan yang telah dijual sebelumnya.

  • Profit Taking

Profit Taking adalah pengambilan keuntungan oleh investor dengan cara menjual seluruh atau sebagian saham yang dimilikinya saat harganya sedang mengalami kenaikan atau lebih tinggi daripada harga beli sebelumnya.

  • Cut Loss

Cut loss adalah upaya yang dilakukan investor dalam membatasi kerugian dengan cara menjual saham karena harga saham terus bergerak menurun.

  • Stop Loss

Stop loss adalah sebah Teknik memasang order yang dibaca otomatis oleh sistem saat posisi harga saham terus menurun menyentuh level tertentu. Jadi, transaksi akan terjadi secara otomatis terhenti saat sebuah saham terus bergeram menurun.

Read : Cara Menggunakan Bonus Dadakan Lazada Untuk Berbelanja Online

Akhir Kata

Demikian yang dapat kami sajikan mengenai artikel yang telah membahas tentang Mengenal Istilah Dalam Trading Saham Untuk Pemula. Semoga bermanfaat dan membantu dalam memahami istilah istilah dalam trading.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *