Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam Jadi Google Doodle
Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam Jadi Google Doodle

Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam Jadi Google Doodle

Binance.kosongin.com – Hallo sobat jumpa lagi bersama admin yang kali ini akan mengulas seputar Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam Jadi Google Doodle. Ingin tahu informasinya lebih lanjut? Simak di bawah ini.

Situs pencarian mesin Google menampilakan sosok penyanyi Ellya Khadam sebagai doodle pada Sabtu hari tanggal 23 Oktober 2021. Mengapa alm. Ellya Khadam bisa menjadi Google doodle pada hari ini?

Ternyata tanggal 23 Oktober merupakan tanggal kelahiran beliau. Ellya Khadam ternyata lahir pada 23 Oktober tahun 1928 atau 93 tahun silam. Lahir dengan nama asli Siti Alya Husna, dan juga di sering di kenal dengan nama Ellya Agus, dan Ellya M Haris.

Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam

Ellya Khadam menghabiskan masa kecilnya di kampung Kawikawi, Manggarai, Jakarta Selatan. Di kampung tersebut dia mulai belajar bernyanyi dengan otodidak. Di saat usianya masih muda, dia di nikahkan akan tetapi pernikahannya kandas.

Untuk generasi alfa yang lahir di tahun 2011 silam, sosok Ellya Khadam mungkin saja kurang populer karna beliau telah tiada (meninggal) sejak 2 November 2009 yang lalu, pada usia 81 tahun.

Read:

Selain sebagai penyanyi, Ellya Khadam juga menjadi seorang penulis lagu dan aktris.

Dikutip dari laman Wikipedia.org, karier Ellya Khadam mulai menginjak dunia hiburan sebagai penyanyi dalam Orkes Melayu Kelana Ria pimpinan Adi Karso dan Munif Bahasuan.

Orkes tersebutlah yang melahirkan beberapa penulis lagu Melayu populer pada tahun 1960-an yang pada akhirnya berkembang menjadi tonggak awal genre musik dangdut nanti.

Dia terkenal sebagai penulis lagu “Boneka Dari India”, “Djandji”, dan “Pergi Tanpa Pesan” yang pada saat itu sangat populer sejak akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an.

Dia juga sangat terkenal dalam mempopulerkan lagu “Beban Asmara” (1961, ciptaan Munif B) DAN “Ogah Ah!”. Pada tahun 1970-an, Ellya Khadam juga disibukan oleh bermain dalam berbagai film (terutama film musik) di Indonesia.

Pada dekade itu, dia mendirikan sebuah grup musik untuk mendukung penampilannya di kamar rekaman dan panggung, Orkes Melayu El Sitara.

Sesudah namanya sempat tenggelam oleh penerusnya pada tahun 1970-an dan 1980-an, Ellya Khadam juga ternyata masih terus berkarier di dunia musik sampai beberapa bulan menjelang kematiannya karena penyakit yang di deritanya.

Film-film Yang Di Bintangi Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam

Di layar lebar, Ellya Khadam pernah membintangi puluhan judul film, yaitu “Tjita-tjita Ajah” pada tahun 1959, “Ratu-ratu Rumah Tangga” pada tahun 1960, “Mak Tjomblang” pada tahun 1960, “Matahari Pagi” pada tahun 1968, “Di Balik Pintu Dosa” pada tahun 1970, “Dunia Belum Kiamat” pada tahun 1971 dan “Bing Slamet Setan Djalanan” pada tahun 1972.

“Benyamin Biang Kerok” pada tahun 1972, “Biang Kerok Beruntung” pada tahun 1973, “Aanak Yatim” pada tahun 1973, “Sopir Taksi” pada tahun 1973, “Musuh Bebuyutan” pada tahun 1974.

Beliau sangat banyak membintangi film-film layar lebar pada masa itu, dan sekarang namanya terus di kenal oleh semua orang.

Akhir kata

Demikian informasi seputar Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam Jadi Google Doodle, semoga dapat membantu kalian yang ingin mengetahu informasi tentang beliau. Terimakasih sudah berkunjung dan terimaksih sudah membaca artikel ini sampai selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *